Tutorial: Surat Izin OSIS kepada Kepala Sekolah Mengadakan Kegiatan

Pengenalan



Surat izin adalah salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan saat akan mengadakan kegiatan di sekolah. Khususnya bagi para anggota OSIS, surat izin merupakan hal yang wajib dipenuhi sebelum melakukan kegiatan. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat surat izin OSIS kepada kepala sekolah mengadakan kegiatan. Yuk, simak tutorialnya!


Langkah-langkah



1. Membuat Kop Surat
Langkah pertama adalah membuat kop surat sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh sekolah. Pastikan kop surat tersebut mencantumkan nama sekolah, logo sekolah, dan nama organisasi yang mengajukan izin.
2. Menuliskan Perihal Surat
Setelah membuat kop surat, langkah selanjutnya adalah menuliskan perihal surat. Pastikan perihal surat tersebut jelas dan singkat, sehingga mudah dipahami oleh penerima surat.
3. Menuliskan Isi Surat
Setelah menuliskan perihal surat, langkah selanjutnya adalah menuliskan isi surat. Pastikan isi surat tersebut mencakup beberapa hal penting, seperti tanggal dan waktu kegiatan, tempat kegiatan, tema kegiatan, dan tujuan kegiatan.
4. Menyebutkan Jumlah Peserta dan Pembina Kegiatan
Selain itu, pada surat izin ini juga harus mencantumkan jumlah peserta dan pembina kegiatan. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada kepala sekolah tentang besarnya kegiatan yang akan dilakukan.
5. Menyebutkan Dampak Positif kegiatan
Selain itu, pada surat izin ini juga harus disebutkan dampak positif yang akan dihasilkan dari kegiatan yang akan dilakukan. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan kepala sekolah bahwa kegiatan tersebut bermanfaat bagi sekolah dan siswa.
6. Menyebutkan Rencana Anggaran
Selain itu, pada surat izin ini juga harus disebutkan rencana anggaran yang akan digunakan untuk kegiatan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada kepala sekolah tentang besarnya biaya yang akan dikeluarkan untuk kegiatan tersebut.
7. Menyebutkan Nama Penanggung Jawab Kegiatan
Selain itu, pada surat izin ini juga harus disebutkan nama penanggung jawab kegiatan. Hal ini bertujuan untuk memberikan jaminan bahwa kegiatan tersebut akan diawasi dengan baik oleh orang yang bertanggung jawab.
8. Menyebutkan Nama Pembina OSIS
Selain itu, pada surat izin ini juga harus disebutkan nama pembina OSIS. Hal ini bertujuan untuk memberikan jaminan bahwa kegiatan tersebut akan diawasi dengan baik oleh orang yang berkompeten.
9. Menuliskan Tanda Tangan dan Stempel
Setelah semua informasi tercantum dengan jelas pada surat izin, langkah terakhir adalah menuliskan tanda tangan dan stempel organisasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan legitimasi surat izin tersebut.
10. Mengirim Surat Izin
Setelah surat izin selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mengirimkan surat izin tersebut kepada kepala sekolah. Pastikan surat izin tersebut sudah ditandatangani oleh penanggung jawab kegiatan dan pembina OSIS sebelum dikirim.


Kesimpulan



Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan saat membuat surat izin OSIS kepada kepala sekolah mengadakan kegiatan. Pastikan surat izin tersebut memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan oleh sekolah, sehingga kegiatan yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan surat izin kegiatan. Terima kasih!

close